Pages

Sunday 10 June 2018

Hal yang Perlu di Perhatikan Jika akan Memulai Usaha Minimarket

minimarket-calonpengusaha

Kali ini saya akan membahas bisnis ritel dalam minimarket, atau bisa dikatakan cara sukses dalam memulai bisnis minimarket. Tentu tidak mudah dalam menjalani bisnis ini, terutama bagi anda yang baru ingin memulai usaha ini. Tidak perlu takut gagal dalam menjalani bisnis ini, selagi anda niat dan telaten maka anda akan sukses. Tapi anda harus tau hal yang perlu di perhatikan saat memulai usaha ini.

Nah inilah beberapa hal yang harus kamu ketahui saat memulai usaha ini:

1. Pintar dalam Memilih Lokasi

Pemilihan lokasi pada usaha ini sangatlah penting. Karena lokasi akan menentukan sukses atau tidaknya usaha minimarket anda. Cari lokasi yang strategis, tentunya dengan lokasi yang strategis akan memudahkan anda dalam mrncapai target pasar. Selain itu, cukup besar kemungkinan konsumen datang jika anda tepat dalam memilih lokasi anda mendirikan usaha minimarket ini.

2. Memperhitungkan Laba yang Ingin AndaCapai

Tentu anda harus memiliki perhitungan laba yang realistis di awal anda memulai usaha ini. Karena anda bisa tahu tentang berapa laba atau keuntungan dari usaha yang anda mulai ini. Untuk awal awal anda tidak perlu takut jika anda mendapatkan sedikit, daripada diawal mendapatkan laba banyak tapi semakin lama malah menurun. Lebih di untungkan jika di awal mendapat laba sedikit, tapi lama lama berkembang dan mendapat laba banyak.

3. Branding

Branding adalah salah satu faktor yang membuat usaha minimarker ini berjalan baik. Tentunya anda harus membuat branding yang baik dan menarik agar konsumen tertarik untuk datang ke minimarket anda. Diusahakan agar masyarakat mengenal usaha anda terlebih dahulu, baru setelah itu anda bisa melakukan langkah-langkah berikutnya.

4. Pasokan Produk

Untuk produk yang dijual,  anda bisa menyesuaikan dari lokasi yang anda pilih. Saya sarankan anda menjual produk-produk yang di butuhkan konsumen. Seprti makanan, minuman, dan kebutuhan konsumen sehari hari yang tentunya harga harus terjangkau. Jika anda berdagang di area perkotaan,  jangan mencoba berdagang yang hargaya murah.  Karena mereka bisa menganggap barang anda tidak berkualitas. Saya sarankan jika anda berdagang di perkotaan anda menjual produk yang benar benar mempunyai kualitas tinggi.  Meskipun harganya terlihat mahal, tapi konsumen akan menganggap bahwa barang anda memang berkualitas.
Untuk pemasok barang,  saya sarankan anda membeli grosir karena harga lebih murah dan anda dapat mendapatkan keuntungan yang lumayan.

5. Pemasaran Produk
Pemasaran adalah salah satu hal yang paling penting dalam menjalankan usaha ini.  Anda harus pintar dalam membuat strategi ini. Agar anda tidak kalah bersaing dengan usaha mini market lainnya. Saya sarankan anda bisa memulai usaha ini dengan harga yang murah,  setelah usaha anda sudah mulai ramai anda bisa menaikan sedikit demi sedikit harganya. Jangan takut rugi untuk awalan,  karena dengan itu kedepannya anda malah akan mendapatkan keuntungan.  Anda juga bisa menambahkan promo promo agar konsumen anda tertarik datang ke toko anda

Nah sekian artikel tentang hal yang perlu di perhatikan saat akan memulai usaha minimarket ini.  Semoga setelah membaca artikel ini anda dapat menjadi wirausahawan yang sukses.

No comments:

Post a Comment