5 Hal yang perlu diketahui saat akan memulai usaha warung kopi


kopi-hitam-indonesia
Saat ini sudah banyak kedai di indonesia, ada kedai yang menjualk kopi sachet hingga kedai kopi mahal yang langsung di buat di tempatnya. Semua jenis kopi akan mudah dijual untuk costumer pecinta kopi, karena bagi pecinta kopi ibarat mereka tidak bisa hidup tanpa kopi.
 Jika anda khawatir dengan masalah biaya, usaha kedai kopi ini tergolong cukup sedikit modal yang di keluarkan. Semua tinggal kemauan anda, jika anda niat dan telaten maka bisnis kedai kopi ini akan menghasilkan keuntungan bagi anda. Nah di sini saya akan memberikan tips yang perlu di perhatikan saat anda akan memulai usaha ini.

1. Tentukan target konsumen
Cari tahu target man yang cocok untuk anda jadikan target pasar. karena konsumen lah yang akan menjamin kesuksesan anda dan anda akan mendapat penghasilan. biasanya target yang cocok untuk usaha ini adalah bapak-bapak kantor dan para mahasiswa yang terlalu banyak berfikir. Maka mereka akan melampiaskan kecapekan dalam berfikir meraka dengan meminum kopi.

2. pilih konsep kedai kopi yang unik
Anda harus mempertimbangkan matang-matang dalam membuat konsep ini, karena konsep ini akan menjadi identitas dari kedai warung kopi anda. Jika anda menyepelekan hal ini, jangan harap anda bisa bersaing dengan kedai warung kopi lainnya
jika kamu ingin membuat kedai ini di area universitas, saya sarankan anda membuat konsep yang cenderung sederhana dan beri hiasan atau corak yang bersifat trend masa kini, agar warung kopi anda terkesan tidak ketinggalan jaman bagi para remaja

3. cari lokasi yang cocok
Setelah anda sudah menentukan target kosumen dan konsep to anda, sekarang anda harus mecari lokasi penjualan yang cocok. Bisa di pinggir jalan raya, Namun jika di pinggir jalan raya anda harus mengeluarkan modal yang tergolong cukup banyak karena untuk menyewa toko. Tapi jika anda yang hanya mempunyai modal cukup anda bisa menyoba di area universitas dengan harga kopi yang cocok untuk mahasiswa. Selain itu anda bisa juga berjualan di area perkantoran, tapi jika anda ingin berjualan di area kantor mungkin anda memerlukan sebuah grobak.

4. pilih bahan baku kopi
Jangan sembarangan dalam memilih bahan baku kopi anda, karena banyak juga pecinta kopi yang sudah tahu cita rasa kopi hingga tahu seluk beluk kopi. karena penikmat kopi akan memlih warung kopi yang menjual kopi-kopi yang berkualitas dan kopi terbaik.
mungkin anda bisa mencari kopi sesuai target jonsumen anda. jika anda menargetkan para mahasiswa, mungkin anda hanya perlu menjual kopi yang berbentuk sachetan. tapi anda juga harus mementingakan cita rasa dari kopi tersebut. jika anda menargetkan para pekerja kantor, anda bisa menjual kopi sachetan dan anda bisa menambahkan kopi kopi yang terkenal di indonesia seperti kopi lampung dll. jika anda berjualan di jalan raya atau di tempat tempat ramai, anda bisa menjualkan kopi kopi yang terkenal di indonesia dengan kualitas yang terjamin. karena mayoritas pembeli adalah orang-orang sudah tau tentang kopi.

5. siapkan modal
Nah ini yang paling penting sebelum anda membuka usaha kedai kopi anda. modal yang anda tentukan tergantung pada target konsumen yang sudah kamu tetapkan tadi. anda bisa menyiapkan 5-10 juta untuk membeli keperluan berjualan kopi. mungkin anda bisa modal lebih dari yang saya perkirakan jika anda berjualan di tempat ramai. karena kemungkinan besar harga sewa tokonya mahal, bisa sampai 5 juta, belum di di tambah dengan membeli kopi kopi yang berkualitas yang tentunya harga nya tinggi.

nah itu saja hal hal yang perlu diketahui bagi anda yang ingin memulai berjualan kopi. semoga dengan membaca artikel ini usaha anda menjadi sukses. sekian dari saya terimaksih