Contoh Usaha Ternak Unggas Yang Bisa Mendapatkan Keuntungan

Tahukah kamu? ternak unggas ternyata dapat menghasilkan keuntungan. Selain anda dapat mempunyai usaha sampingan, tentunya anda dapat mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Ternak unggas sendiri tergolong sangat mudah, tinggal kemauan anda dan anda ingin serius atau tidak dalam menjalani usaha ini. jika anda ingin serius dalam menggeluti usaha ini, tidak diragukan lagi anda akan mendapat keuntungan dari usaha ini.

Nah, kali ini saya akan memberikan beberapa contoh usaha ternak unggas yang wajib anda coba

1. Ternak ayam kampung

Kenapa ayam kampung ayam kampung termasuk dalam usaha ternak unggasyang saya sarankan? Karena modal yang dikeluarkan cukup sedikit dan cara perawatannya juga cukup mudah.

Yang perlu diketahui saat memulai usaha ini :
 Saya sarankan anda tidak langsung membeli DOC, Anda bisa menetasakan sendiri yang tentunya anda harus menyiapakan indukan dan pejantan super. agar hasil yang di dapat juga memuaskan.
  Jika anda mampu, anda bisa langsung membeli secara besar besaran. Tapi resiko nya adalah jika ayam anda terkena penyakit, anda bisa stress karena penyakit akan menular ke ayam yang lainnya. Saya sarankan anda memulainya sedikit demi sedikit, sehingga modal yang dikeluarkan pun tidak begitu banyal.

2. Ternak Bebek

Ternak bebek termasuk mudah dalam menjalankannya. Tentunya ternak bebek tidak terlalu repot dalam pengurusannya, perawatannya cukup anda memberi makan. Selain itu bebek termasuk unggas yang tidak gampang mati, sehingga tidak terlalu merugikan anda.
 Permasaslahan dari usaha ini adalah lokasi usaha ini, karena bau dari kotoran bebek yang khas dan suaranya seringkali memngganggu tetangga anda jika anda berternak bebek di pekarangan rumah anda. Saya sarankan anda menjalankan usaha ini di lokasi yang jauh dari pemukiman warga.

Yang bisa anda manfaatkan dari bebek ini adalah telurnya, anda bisa menjualnya dan mendapat keuntungan. Misalnya anda mempunyai 100 bebek, setiap hari bebek tersebut menghasilkan 1telur/ bebek. Misalnya harga 1telur mentah 1500, bisa bayangkan perharinya anda mendapatkan keuntungan berapa? cukup banyak kan. Tapi jangan lupa anda menyisihkan hasil tersebut untuk membeli pakan dan menambah bebek yang anda pelihara. Agar usaha anda terus maju.

3. Ternak ayam petelur

Peluang usaha ini tergolong sangat tinggi. Karena daya minat masyarakat terhadap telur ayam sangat tinggi. Oleh karen itu, anda bisa memanfaatkannya dengan mencoba usaha ini. Tapi usaha ini tergolong gampang gampang susah. Karena usaha ini memiliki resiko yang besar, yaitu ketika ayam ayam anda terkena penyakit. Pasti anda akan merasa rugi besar karena ayamj anda akan pada mati. Akan tetapi, anda bisa meminimalkan resiko tersebut dengan menjaga kebersihan kandang ayam anda dan merawatnya dengan baik. Modal yang dikeluarkan dari usaha ini tergolong cukup mahal. Karena anda harus membeli ayam yang akan anda jadikan usaha ini. Kenapa tergolong cukup mahal? Karena anda tidak hanya membeli 1 ekor ayam saja, minimal anda harus menyediakan 100 ekor ayam.

Dari usaha ini, anda bisa memanfaatkan telurnya. Hampir setiap hari masyarakat membutuhkan telur ayam, maka dari itu telur yang di hasilkan pasti akan laku di masyarakat. Mungkin di awal awal anda merasa rugi, tapi semakin lama usaha anda maka semakin banyak anda mendaptkan keuntungan. Karena di awal anda membutuhkan banyak pakan ayam dan harus menambah ayam anda.

4. Ternak Burung Lovebird

Usaha ini cocok sebagai usaha sampingan, sekaligus bisa untuk hiasan halaman rumah anda. Usaha ini tergolong cukup mudah, selain itu usaha ini tidak begitu sulit untuk di jalani. Untuk kandang ternaknya, anda bisa membuatnya di pekarangan rumah anda. Perawatannya pun juga cukup mudah, anda hanya memberi makan dan membersihkan kandangnya. Tapi, tantangan dari usaha ini adalah pemasarannya yang cukup susah. Karena usaha ini bukan untuk di konsumsi, Melainkan hanya untuk hobi para pecinta burung lovebird ini. Tapi jikia anda berhasil menyilangkan burung ini dan menghasilkan burung lovebird yang bagus. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar, karena 1 burung lovebird bisa dibeli hingga 500.000

Nah itu tadi contoh usaha ternak unggas yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar. selamat mencobanya, dan semoga berhasil.