Peluang Usaha Ternak Kambing yang Menjanjikan

Usaha Ternak Kambing

Dengan tambahnya penduduk indonesia yang sangat pesat, permintaan untuk daging di Indonesia juga semakin banyak. Hal ini dapat kita lihat dari menibgkatnya berbagai macam olahan makanan dari daging terutama daging kambing.

Memang peternak di indonesia memanglah bertambah banyak, akan tetapi masih dalam skala kecil. Jika di total produksi di indonesia dalam satu tahun hanya 400.000 ton/tahun. Tentunya masih banyak peluang ternak kambing ini bagi siapapun yang ingin berbisnis. Apalagi ternak kambing ini tergolong lebih mudah dari ternak hewan lainnya.

Peluang usaha ternak kambing saat ini masih terbuka lebar. Bagaimana tidak, saat ini negara kita ini masih mengandalkan impor daging. Tentunya usaha ini juga tidak terlalu banyak mengeluarkan modal. Modal dari usaha ini yaitu dapat berupa satu ekor kambing betina. Apalagi jika anda membelinya di umur yang lebih muda pastinya akan lebih murah bukan. Modal awal dari bisnis ini kurang lebih 500 sampai 1jt untuk membeli kambing betina yang masih muda.

Anda juga bisa membeli kambing yang muda, lalu 1 tahun kemudian anda jual. Pasti anda mendapatkan keuntunga 3 sampai 4 kali lipat. Misal anda membeli kambing dengan harga 500, 1 tahun kemudian anda menjualnya bisa sampai 2 juta rupiah. Apalagi jika anda menjualnya di saat hari raya kurban pasti hargnya akan lebih tingi.

Bagi anda yang tertarik dengan usaha ini, lakukan sekarang juga untuk mencoba bisnis ini. Lakukan dengan persiapan sebaik mungkin, jangan terburu-buru untuk segala sesuatunya. Buat kandang yang sederhana saja dan jangan lupa pilihlah bibit yang berkualitas agar hasilnya nanti memuaskan.

Tentunya jangan lupa memberi pakan yang berkualitas agar kambing anda sehat dan cepat gemuk. Usahakan juga untuk mencari pakan sendiri agar biaya pemeliharaan berukurang. Dan jangan lupa untuk mencari pakan yang masih segar dan fres, apalagi saat musim kemarau

Walaupun pakan fermentasi juga ada, akan lebih baik jika anda memberi pakan segar kepada kambing anda. Jika ingin memberikan pakan buatan alangkah baiknya jika anda membuatnya sendiri. Tapi jika menang terpaksa maka anda juga bisa memberikan pakan buatan dari pabrik untuk ternak kambing.

Sekian artikel ini saya buat semoga membantu anda.